CN-295 Special Mission Jalani Tes di PT DI

CN-295 Special Mission Jalani Tes di PT DI - Hallo sahabat Atlas Military, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul CN-295 Special Mission Jalani Tes di PT DI, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel INDONESIA, Artikel Industri Pertahanan, Artikel Pesawat Angkut, Artikel Pesawat Surveillance, Artikel TNI-AU, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : CN-295 Special Mission Jalani Tes di PT DI
link : CN-295 Special Mission Jalani Tes di PT DI

Baca juga


CN-295 Special Mission Jalani Tes di PT DI

10 April 2019


Pesawat CN-295 berkode AX-2911 (photo : fiolina)

Sewaktu petinggi Airbus Defence and Space berkunjung ke Jakarta pada Agustus 2016 lalu, disebutkan bahwa salah satu pesanan pesawat C-295M (di Indonesia disebut CN-295) untuk TNI AU akan berkonfigurasi Special Mission. Sontak sejak itu pemerhati militer bertanya-tanya mengenai jenis pesawat ini.

Kementerian Pertahanan mengumumkan pembelian 9 pesawat CN-295 dari Airbus pada bulan Februari tahun 2012 lalu. Produksi pesawat ini dilakukan di Sevilla, Spanyol dan juga sebagian diantaranya diproduksi di PT DI Bandung. 

Pesawat CN-295 berkode AX-2911 (photo : Akang Aviation)

Menengok pada proyeksi penerimaan pesawat TNI AU dalam tahun 2019terdapat rencana serah terima pesawat CN-295 Special Mission. Pesawat ini adalah satu-satunya pesawat CN-295 yang akan diserahkan kepada TNI AU tahun ini. Mengingat bahwa pada saat yang sama PT DI sedang melakukan testing pesawat CN-295 untuk TNI AU, maka dapat dipastikan bahwa pesawat inilah yang merupakan pesawat CN-295 Special Mission.

PT DI saat ini menguji pesawat CN-295 berkode pabrik AX-2911 dengan skema warna loreng sebagaimana pesawat angkut lainnya di lingkungan TNI AU. Ketika bertugas di TNI AU nantinya, pesawat ini akan menggunakan kode A-2910, yang berarti bahwa fungsi sebagai pesawat angkut tetap lebih dominan.  

Pesawat CN-295 berkode AX-2911 (photo : Akang Aviation)

Pesawat berkode AX-2911 saat ini terus menjalani uji coba di Lanud Husein Sastranegara, Bandung dan berhasil tertangkap bidikan kamera oleh beberapa spotter. Meskipun beberapa pihak memperkirakan pesawat ini sebagai pesawat MPA, namun melihat konfigurasi MPA pada pesawat TNI AU, setidaknya ada peralatan Radar, FLIR, dan ESM, namun hal tersebut tidak semuanya ada di pesawat ini. Lagi pula TNI AU tidak memesan MPA berbasis pesawat CN-295.

Lantas Special Mission yang bagaimanakah pesawat ini ? Sejumlah pihak sudah menjawab bahwa pesawat ini akan berfungsi sebagai KODAL (Komando dan Pengendalian) atau Command and Control aircraft (C2). Bahkan para spotter pun juga sudah menuliskan pesawat ini sebagai pesawat KODAL.


Pesawat CN-295 berkode AX-2911 (photo : Akang Aviation)

Melalui salah satu forum sosmed disebutkan bahwa pada saat awal pembahasan, yaitu saat usulan proyek ini di Kementerian Pertahanan disebutkan bahwa pesawat ini akan menggunakan peralatan L3 Technologies SPYDR untuk kepentingan KODAL.

L3 SPYDR dibuat oleh perusahaan L3 Technologies yang bermarkas di New York, Amerika. Perusahaan ini telah berpengalaman selama 60 tahun dalam mengembangkan teknologi Intelligence, Surveillance, and Reconnaissance systems (ISR), command and control systems (C2=Kodal), dan komunikasi yang aman untuk militer.

Peralatan ISR dan C2 pada SPYDR (image : L3 Technologies)

SPYDR merupakan teknologi ISR dan C2 yang pada mulanya dicangkokkan pada pesawat kecil jenis Beechcraft King Air 350. Sistem lengkap SPYDR terdiri dari : full motion video, primary mission equipment, self protection, dan mission configuration. Kemungkinan TNI AU tidak mengadopsi seluruh sistemnya sehingga kabin masih longgar dan fungsi angkut pesawat tetap dapat dijalankan. Dengan kata lain pesawat ini akan menjadi pesawat komando dan kontrol atas operasi penerbangan yang berkedudukan di udara.

Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari TNI AU ataupun PT DI mengenai peralatan apa yang dipasang pada CN-295 Special Mission ini, apakah tetap memakai SPYDR seperti perencanaan awal atau sudah berubah menggunakan peralatan yang lain. Kita tunggu saja pemberitahuan resminya saat pesawat ini diserah-terimakan pada pertengahan tahun ini.

(Defense Studies)


Demikianlah Artikel CN-295 Special Mission Jalani Tes di PT DI

Sekianlah artikel CN-295 Special Mission Jalani Tes di PT DI kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel CN-295 Special Mission Jalani Tes di PT DI dengan alamat link https://atlasmilitary.blogspot.com/2019/04/cn-295-special-mission-jalani-tes-di-pt.html

0 Response to "CN-295 Special Mission Jalani Tes di PT DI"

Post a Comment