TNI AL Menerima Pesawat Terakhir dari Pesanan 5 CN-235 MPA

TNI AL Menerima Pesawat Terakhir dari Pesanan 5 CN-235 MPA - Hallo sahabat Atlas Military, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul TNI AL Menerima Pesawat Terakhir dari Pesanan 5 CN-235 MPA, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ANGKATAN LAUT, Artikel INDONESIA, Artikel Pesawat Surveillance, Artikel TNI-AL, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : TNI AL Menerima Pesawat Terakhir dari Pesanan 5 CN-235 MPA
link : TNI AL Menerima Pesawat Terakhir dari Pesanan 5 CN-235 MPA

Baca juga


TNI AL Menerima Pesawat Terakhir dari Pesanan 5 CN-235 MPA

17 Mei 2019

Pesawat CN-235 MPA melewati water salute (photo : Jawa Pos)

Puspenerbal Juanda Terima Pesawat Udara CN 235-220 MPA Terakhir sejak Pengadaan 2013

SIDOARJO - Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) Juanda menerima satu unit terakhir pesawat udara CN 235-220 MPA, dari total lima pengadaan pesawat sejak 2013 silam, Senin (13/5/2019).

Komandan Puspenerbal, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Dwika Tjahja menjelaskan Pesawat CN 235-220 MPA merupakan pesawat bermesin Turboprop produksi PT Dirgantara Indonesia yang bekerja sama dengan CASA Spanyol.

Pesawat jenis ini, lanjut Laksma TNI Dwika sudah banyak dioperasikan oleh berbagai instansi militer di dunia. Pesawat bernomor Iambung P-8305 ini akan menambah jajaran kekuatan untuk memenuhi MEF (Minimum Essetial Force) yang menjadi target TNI AL.

"Ini merupakan pesawat kelima dari total 5 pengadaan Puspenerbal dengan 2 kali pengadaan. Pengadaan pertama, 3 buah pengadaan kedua, 2 buah. Kedepan kita masih ada pengadaan-pengadaan pesawat sejenis untuk kebutuhan Puspenerbal, harapannya Puspenerbal memiliki pesawat intai maritim yang memadai," jelasnya, Senin (13/5/2019).

Pesawat CN-235 MPA melewati water salute (photo : Puspenerbal)


Laksma TNI Dwika mengatakan jumlah pesawat intai maritim yang dibutuhkan Puspenerbal idealnya sesuai dengan luas wilayah yang jadi tugas mereka di lapangan.

"Kita tidak menghitung secara ideal, tapi paling tidak kita harus mampu mendukung kegiatan koarmada 1, 2 dan 3 yang masing-masing juga memiliki tugas mengamankan wilayah masing-masing. Untuk operasionalnya, sluruh pesawat kita harus waspada untuk selalu mengamankan perairan," tambahnya.

Sebaggai informasi, pesawat udara merupakan salah satu sub Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang dimiliki TNI AL saat ini, dimana fungsinya adalah sebagai unsur yang mengumpulkan dan mendeteksi hal-hal yang mencurigakan dan merugikan juga ikut dalam pencegahan penangkalan dan penindakan pelanggaran perairan wilayah Indonesia.

Dalam mengemban fungsinya, pesawat udara melaksanakan patroli udara maritim untuk mendapatkan data atau sasaran yang selanjutnya dkindak lanjuti oleh unsur KRI.

Pesawat ini masuk di jajaran Skuadron 800 Wing Udara 2 Puspenerbal yang memiliki tugas pokok melaksanakan pembinaan kekuatan dan kemampuan tempur dibidang lntai Udara Taktis, Pengamatan Laut Terbatas serta Anti Kapal Permukaan.

Pesawat CN 235-220 MPA juga memiliki kemampuan untuk melaksanakan misi Inteligence, Surveillance dan Recognition, selain itu pesawat ini dapat mengirimkan data-data secara real time kn Unsur KRI Dengan kemampuan tersebut, pesawat ini dapat menjalankan misi sebagai Pesud Patron Maritim. 

(Surya)


Demikianlah Artikel TNI AL Menerima Pesawat Terakhir dari Pesanan 5 CN-235 MPA

Sekianlah artikel TNI AL Menerima Pesawat Terakhir dari Pesanan 5 CN-235 MPA kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel TNI AL Menerima Pesawat Terakhir dari Pesanan 5 CN-235 MPA dengan alamat link https://atlasmilitary.blogspot.com/2019/05/tni-al-menerima-pesawat-terakhir-dari.html

0 Response to "TNI AL Menerima Pesawat Terakhir dari Pesanan 5 CN-235 MPA"

Post a Comment